Rabu, 08 Juli 2015

Review Microsoft Lumia 640 XL Dual Sim a.k.a Hulk, Kokoh dan Elegan

KOKOH DAN ELEGAN. Ya, itulah kesan pertama saya saat meminang Microsoft Lumia 640 XL. Memiliki bentang layar 5,7" dengan resolusi HD sebesar 1280x720 ditambah teknologi ClearBlack dan IPS LCD, Microsoft Lumia 640 XL Dual Sim (saya menyebutnya Lumia Hulk) terlihat sangat elegan dan terkesan seperti smartphone high end. Di bagian Body terlihat kokoh dan juga nyaman digenggam, apalagi saat menerima telepon pun saya terlihat gagah hahaha..


LUMIA HULK (sekali lagi saya suka menyebut Microsoft Lumia 640 XL Dual Sim dengan Lumia Hulk, alasannya saya suka dengan tokoh superhero dan Lumia Hulk memang cocok dan sesuai dengan tampilannya yang gagah, sama seperti saya menyebut Lumia 730 dengan sebutan Nokia Superman..hehe) dengan body material plastik solid (saya memilih warna hitam doff dan saat dipegang pun tidak licin) memang membuat Lumia Hulk terlihat garang. Prosesor yang dibenamkannya pun tidak tanggung-tanggung, Qualcomm® Snapdragon™ 400 Quadcore dengan kecepatan 1,2 GHz menjadi kekuatan Lumia Hulk. Memori internal Hulk memang tidak besar, hanya 8 Gb dan sebagian sudah terpakai sistem. Tapi disinilah kelebihan Windows Phone yang tidak mengenal kata "Memory Full". OS ini memang keren, aplikasi yang diinstal semuanya bisa dipindah ke SDCard tanpa meninggalkan 'sampah', jadi internal memori tetap lapang. Oh ya, SDCard yang dipasang ke Hulk ini kapasitasnya bisa sampai 128Gb dan sebagai catatan bagi pengguna Windows Phone, memori eksternal (SDCard) harus memiliki spesifikasi kelas 10 ya ^_^.


CAMERA. Bagian ini yang jadi favorit saya. Lumia Hulk mengusung Kamera belakang (rear camera) sebesar 13MP ditambah lensa Carl Zeiss-nya yang melegenda membuat foto yang dihasilkan terlihat jernih, tajam dan gahar. Dukungan aplikasi Lumia Camera versi 5 membuat Hulk semakin mendekati kesempurnaan sebuah smartphone. Front Camera (kamera depan) untuk selfie pun tidak kalah kerennya, pokonya coba sendiri deh hehehe..

PERFORMA. Tadi sudah saya jelaskan di atas bahwa Lumia Hulk memiliki procie quadcore atau empat inti sehingga jauh dari kata 'LAG'. Sekedar perbandingan saat saya memakai Nokia Lumia 730 a.k.a Superman memang berbeda saat saya banyak membuat folder di halaman utama agak terasa sedikit lag (tapi dikit banget lho) sedangkan di Hulk saya tidak merasakan sama sekali lag.. Ya, saya jatuh cinta banget sama Hulk.. Kalau di film, kira-kira Superman versus Hulk menang mana ya? kalau di smartphone menurut saya menang Hulk ^_^. Bermain Games terasa sangat menyenangkan di Lumia Hulk, layar gede, procie ngebut games beratpun dilibas hahaha.

BATERAI. Lumia Hulk baterainya tidak perlu diragukan lagi gan.. Berkapasitas 3000mAh, Hulk setia menemani aktivitas kita selama 1 hari kurang (yang saya alami, baterai Hulk selalu habis di sekitar jam 21 sampai 22 malam, padahal di jam kerja Hulk selalu terhubung internet baik itu data maupun wifi kantor ditambah saya sering membuka medsos, bbm, whatsapp dan lainnya juga banyak menerima panggilan masuk dan keluar, tapi bukan cowok panggilan lho hahahaha..)


KELEBIHAN LAINNYA. Hulk sudah memiliki fitur Glance Screen yang dapat menampilkan ikon baterai, notifikasi dan juga jam. Namun fitur ini sedikit memakan tenaga baterai, ya tinggal on off saja gan. Oh ya, Layar Hulk sudah menggunakan Corning® Gorilla® Glass 3, ga usah saya jelasin ya gan.. pasti sudah pada tahu lah hehehe..

KELEMAHAN. Microsoft Lumia 640 XL a..k.a Hulk juga smartphone yang tidak luput dari kekurangan hehe.. body nya yang bongsor membuat Hulk agak sedikit susah untuk dimasukan dalam saku celana, masuk bisa tapi jadi terlihat menonjol dan kurang nyaman juga dilihatnya hahaha.. udah sih itu aja ^_^

HARGA. Nah sebenarnya masalah ini saya sedikit keberatan juga sih, kudu merogoh kocek yang tidak sedikit, tapi ga apa-apa lah yang penting isteri tercinta sudah menyetujui ^_^. Microsoft Lumia 640 XL Dual Sim a.k.a Hulk dibandrol (waktu saya beli di Erafone) Rp. 2.999.000,- dan ada cashback sebesar 200k.

Ok. Sahabat-sahabat yang budiman, sekian review dari saya dan semoga bermanfaat.. salam sahabat ^_^

Yossy Setiawan
Founder KWPI

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon