Jumat, 14 November 2014

Review Nokia Lumia 730 [dualsim] a.k.a Superman a.k.a Selfie Redefined



Windows Phone Terakhir dengan Brand Nokia



Smartphone yang ditunggu-tunggu akhirnya bisa berada dalam genggaman saya (14/11). Sebelumnya saya sudah prepare kalau Smartphone Windows Phone akan hadir dengan teknologi dual sim serta kamera dengan lensa Zeiss, karena dua aspek tersebut merupakan hal yang saya utamakan, selain kamera untuk mendokumentasikan pekerjaan, fitur dual sim-nya pun sangat bermanfaat bagi saya, sehingga tidak perlu ribet membawa dua buah ponsel ke kantor.

 

Nokia Lumia 730 mendapat julukan Selfie Redefined karena kemampuan memotret selfienya yang wide dan jernih. Keunikan lainnya Nokia Lumia 730 dikenal juga dengan nama Nokia Superman, begitu saya menyebutnya. Sempat baca beberapa informasi di internet kalau julukan untuk Nokia Lumia 730 itu adalah Nokia Superman. Betul atau tidak, silahkan cari referensinya di internet yang kebetulan saya lupa.. hahahaha..

UPDATE: Referensi nama Nokia Superman
1. GSMArena
2. Phone Arena
3. Tabloid PULSA



Memiliki dimensi layar yang cukup luas, dengan bentang layar 4,7” beresolusi HD720 (1.280 x 720) buat saya yang biasa memakai 5” tidak terlalu terlihat pebedaannya, malah cukup nyaman digenggam dan lumayan asyik buat main games. Teknologi yang dipakai pada layar sudah ClearBlack-OLED yang patut diacungi jempol karena selain OLED kerapatan piksel Nokia Superman (316 ppi) ini begitu memanjakan mata.




Sebelum mengulas lebih jauh mengenai Nokia Lumia 730 a.k.a Superman, ternyata pada handheld tersebut tidak ada tombol back, home (logo windows) maupun search. Ketiga tombol tersebut berada di dalam layar, kita bisa mengusapnya ke atas untuk memunculkan maupun menghilangkannya. Bagi yang belum terbiasa atau lupa, hal itu agak sedikit membingungkan karena sebelumnya saya menggunakan Nokia Lumia 520 dan Lumia 625 yang tombolnya menggunakan tiga capacitive button di luar layar.

OS Lumia Denim (Windows Phone 8.1 Update)


Bagaimana dengan OS-nya? Nokia Superman menggunakan OS Windows Phone teranyar, yaitu Lumia Denim (WP 8.1 update) dan kabar menggembirakan makin bertambah setelah pihak Microsoft berkicau di Twitter bahwa semua smartphone dengan minimal WP 8.0 dapat menikmati OS Windows 10. Asyik kan? Kita tunggu saja gebrakan-gebrakan baru dari Microsoft selanjutnya.



Kembali ke Superman, meski smartphone lain banyak yang menggunakan kamera 8 MP, Nokia Lumia 730 hanya dipersenjatai dengan kamera belakang 6,7 MP namun tentu saja menggunakan lensa Carl Zeiss yang terkenal kehebatan dan ketajamannya di dunia fotografi, sehingga hasil kamera pun terbilang jernih dan tajam. Sedangkan kamera depan menggunakan lensa standar Nokia. Namun tidak tanggung-tanggung kamera tersebut berkekuatan 5 MP, cocok buat yang ingin berselfie maupun wefie.

 
Hasil kamera belakang Lumia 730 di dalam ruangan. Backlight no problemo!

Mengenai Hardware? Nokia Superman menggunakan Chipset Quadcore Snapdragon™ 400 1,2GHz, saya tidak menemukan kendala berarti saat memainkan games Asphalt 8 maupun GTRacing 2, loadingnya pun cukup cepat bila dibandingkan dengan Lumia 625 (kenapa dibandingkan dengan 625? Karena saya cuma punya itu.. hehe.

Absennya tombol fisik kamera pada Nokia Superman membuat saya harus membiasakan memotret dengan menekan layar karena sebelumnya saya terbiasa menggunakan tombol fisik pada Lumia 625, Mungkin itulah salah satu kekurangan dari Nokia Superman.. no handheld perfect, right?


Sebagai penutupnya, saya coba sharing apakah BBM berjalan dengan baik di Nokia Superman? Jawabannya ya! Bahkan loadingnya pun tergolong cepat tidak lemot seperti di Lumia 625. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh Processor Quadcore dan RAM 1Gb sehingga saat Nokia Superman membuka BBM bisa super cepat.. Superman gitu loh :D

Sayangnya setelah Nokia Superman ini menyapa pasar termasuk di Indonesia untuk kedepannya Microsoft tidak akan lagi menggunakan Nokia sebagai brand smartphone-nya namun menggunakan Microsoft Lumia sebagai brandnya. Nokia akan lebih memfokuskan jalur bisnisnya ke Network, Pemetaan dan Teknologi. Bagi fans berat Nokia tentunya berita ini mengecewakan tapi Microsoft berjanji semua pengguna Lumia Windows Phone baik dengan Merek Nokia Maupun nantinya berubah menjadi brand Microsoft akan mendapat perlakuan yang sama, termasuk layanan update.


Sedih juga ya.. makanya saya menabung sekuat tenaga untuk membeli Nokia Superman ini karena Smartphone dengan OS Windows Phone 8.1 update (Lumia Denim) ini merupakan produk Windows Phone 8 terakhir Microsoft-Nokia yang memakai brand Nokia, termasuk kakaknya yang hadir terlebih dahulu yaitu Nokia Lumia 930.

Good bye Nokia.. Adios Amigos.. Go Microsoft!

Untuk Spesifikasi Lengkap Nokia Lumia 730 bisa dilihat di Nokia.com
Review lainnya bisa dilihat di idwinphone.com
Jangan lupa gabung juga di KWPI fb

Regards,
Yossy Setiawan
Nokia Superman (Lumia 730) user

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon