Jumat, 17 Februari 2012

Tips Menjaga Kondisi Layar Sentuh



Teknologi Layar Sentuh. Teknologi yang disematkan pada Ponsel dengan layar sentuh sebenarnya sudah lama ada, saya sendiri mengenal teknologi layar sentuh dengan kemampuan resistif (peka terhadap stylus) saat memiliki Ponsel Smartphone Sony Ericsson P800i yang berjalan dengan OS Symbian UIQ. Namun pesatnya teknologi perangkat komunikasi ini tidak dibarengi dengan pengetahuan konsumen untuk merawat layar sentuh. 
Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga kondisi layar sentuh. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga kondisi layar sentuh Ponsel anda:
  1. Hindari Ponsel layar sentuh dari medan magnet, khususnya elektromagnet karena dapat mengganggu sistem layar sentuh Ponsel Anda. Jauhkan Ponsel Anda dari pusaran medan magnet seperti speaker, kipas angin, televisi dan microwave.
  2. Listrik statis adalah musuh dari layar sentuh. Kekuatan listrik statis dapat membuat lapisan yang ada di layar sentuh bocor. Walaupun sudah dilengkapi dengan kaca layar sentuh yang mengadopsi sistem antistatis, bukan berarti layar sentuh daoat bertahan selamanya. Oleh karena itu, coba gunakan wadah atau bahan pelindung berbahan kulit. Termasuk Ponsel Layar Sentuh yang menggunakan Teknologi “Gorilla Glass” seperti Samsung Galaxy SII, tetap harus menggunakan minimal anti gores yang tidak terlalu tebal.
  3. Usahakan tangan atau jari selalu bersih apabila ingin menyentuh layar sentuh ponsel. Kotoran di tangan seperti minyak dan keringat dapat menjadi medium konduktif atau pengantar listrik. Penumpukan kotoran dapat menghasilkan lapisan konduktif yang mengakibatkan layar sentuh tidak akurat. Minimal 1 (satu) minggu sekali, layar sentuh dibersihkan menggunakan kain untuk membersihkan kacamata.
  4. Jangan biarkan baterai ponsel Anda sampai benar-benar habis. Selalu isi baterai ponsel layar sentuh Anda sebelum berada di bawah 10 persen. Hal ini dikarenakan saat baterai lemah, listrik dari empat sudut layar akan ditransmisikan ke titik di mana Anda sentuh. Listrik yang tidak stabil ini akan membuat layar “mengapung” atau bahkan mati.
  5. Jangan biarkan ponsel layar sentuh Anda berada pada suhu yang tinggi (mis. Saku celana atau dashboard mobil yang langsung terkena cahaya matahari). Hal ini dikarenakan suhu pengoperasian layar sentuh adalah 0-30 derajat celcius dengan kelembaban sekitar 5 persen.
  6. Hindari layar sentuh ponsel anda dari benturan dan goresan. Walaupun teknologi sekarang sudah mendukung ketahanan akan goresan, benturan dapat mengganggu mekanismenya (yang Gorilla Glass hati-hati juga :D). Oleh karena itu, jangan membiasakan mengantongi layar sentuh di kantong celana yang ketat agar bisa meminimalkan goresan dan benturan [YOS]

Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

2 komentar


EmoticonEmoticon