Minggu, 16 Oktober 2011

Samsung Galaxy Ace Internal Memory Problem!

Bagi pengguna Samsung Galaxy Ace tentunya sering mendengar atau bahkan mengalaminya sendiri ketika internal memory penuh saat ingin menambah lagi koleksi aplikasi yang begitu banyak di android market.. Yup, SG-Ace memang memiliki internal memory yang kecil (158Mb), sehingga kita harus pandai memilah-milah aplikasi atau games mana yang ingin diinstall. Hal ini saya alami sendiri, SG-Ace cuma mampu menampung 114 aplikasi (aplikasi bawaan + tambahan saat download dari marketplace).. setelah itu muncul peringatan Memory Full dan sangat-sangat mengganggu buat saya.. :'(.



Beberapa hal yang perlu diketahui :
Aplikasi Facebook for Android salah satu aplikasi yang menurut saya GOOD! sayangnya memakan memory yang cukup besar (pada saat di set ke synchronized with phonebook).. jadi kalau mau internal memory-nya lebih lapang, suka tidak suka kita harus sering login dan logout Facebook (dan kalau bisa, Facebooknya jangan di set synchronized with phonebook).



g+. Tentunya anda sudah pernah mendengar yang satu ini. Yup, Google+ (plus) adalah sebuah situs jejaring sosial pesaing Facebook. Portal raksasa ini terus berinovasi, sehingga nantinya antara g+ dan Android tidak dapat dipisahkan lagi.. Sebagai contoh: Blackberry dengan BBM-nya dan Windows Phone dengan Live Account-nya.. Nah Android dengan g+ nya :).
Ok, kembali ke internal memory, g+ membutuhkan ruang yang cukup besar (sekitar 32Mb). Kesimpulannya SG-Ace kurang memadai untuk diinstall g+ dan kalau dipaksakan harus menghapus aplikasi lainnya supaya memori internal tidak kepenuhan. Sampai saat ini saya belum menemukan solusinya seperti pada Facebook di atas.

Banyak pendapat di forum-forum dunia maya yang menawarkan untuk memakai app2sd yang bisa di download di marketplace, ada yang berpendapat tidak perlu "root", tapi banyak juga yang mengharuskan SG-Ace-nya di "root" terlebih dahulu. Sekarang saya sedang mempersiapkan sebuah solusi berdasarkan pengalaman sendiri bahwa SG-Ace bisa se-powerfull gadget lain yang memiliki internal memory yang lebih besar. So, stay tune in http://yossysetiawan.blogspot.com, i'll be back ASAP!


UPDATE!
Finding a solution 100% work fine with link2sd after root only on froyo 2.2.1 (bawaan ace).
Semua Kerusakan/Kehilangan Data ditanggung sendiri!!!/do it with your own risk!!!)
Sebelum mulai partisi, backup data2 penting yang ada di buku telepon maupun di SDCard. 

Cabut SDcard dari hp dan format di PC/Notebook dengan menggunakan Card Reader (wajib). Kemudian Sdcard dibagi menjadi 3 partisi dengan menggunakan minitools (semuanya harus primary). SDCard yang saya pakai kapasitasnya 16Gb.

Berikut langkah-langkahnya plus gambar sebagai ilustrasi:
1. Jalankan minitool (lihat gambar) SDCard diposisi setelah harddisk (Disk 2):

2. Delete partition dengan mengklik kanan pada SDCard (disk 2).
3. Create partition.

4. Partisi pertama diformat ke fat32 sebesar 13gb (primary)

2. partisi ke 2 pake ext2 sebesar 1,2gb (primary)

3. Sisanya untuk linuxswap (primary).

4. Click Apply, Done.

Langkah selanjutnya, pastikan HP dalam keadaan mati, lalu masukan SDCard yang telah di partisi. Hidupkan HP dengan menekan tombol: POWER + DOWN VOLUME + MENU (kotak) secara bersamaan dan pilih Wipe Cache partition > Wipe data/factory reset > Reboot.

Berikutnya, install Link2sd.apk, pertama kali akan muncul pilihan mount, pilih ext2 dan reboot. done.

Alhamdulillah ya ada sesuatu :). Aplikasi bisa masuk sekitar 300an. widget2 semuanya berfungsi dengan baik dengan cara create link di link2sd.

Permohonan maaf untuk yang menggunakan gingerbread 2.3.x masih dalam proses, gagal mulu pake link2sd..he.he.he.. gingerbread issue

100% work perfectly, test by me @ galaxy ace


UPDATE 2!!
Menggunakan link2sd ternyata tidak harus mempartisi microsd jadi 3 bagian, asalkan Ace masih dalam keadaan fress alias di reset ulang/setelan pabrik. caranya seperti di atas, namun yang membedakan adalah mempartisi hanya dengan 2 bagian saja, misalkan 2Gb, partisi yang pertama 1Gb (primary) dengan ext. fat32 dan partisi yang ke dua 1Gb (primary) menggunakan fat32 juga. selamat mencoba :)


Semoga bermanfaat,

Artikel Terkait

64 komentar


EmoticonEmoticon