Jumat, 11 Desember 2009

Panduan Flashing ROM, Radio and HardSPL

Panduan Flashing ROM, Radio and HardSPL
Saya membuatnya berdasarkan translasi dari berbagai sumber ditambah dengan pengalaman pribadi.
Yang harus diingat sebelum flashing:
  1. Pastikan baterai lebih dari 50%
  2. Hard Reset setelah selesai Flashing ROM baru
  3. Gunakan ROM/Radio/HardSPL yang sesuai dengan dopod 838 pro
  4. Optional: Cabut SIMCard dan SDCard sebelum melakukan Flashing
  5. Saat proses flashing berlangsung, disarankan tidak menjalankan program lain, kecuali sebelum melakukan flashing (Saya menjalankan Jet Audio… flashing sambil dengerin lagu ga terlalu deg..deg..an…xixixixi) dan jangan lupa matikan Screen Saver PC-nya.
Catatan penting!
Gagal flashing bisa membuat dopod 838 pro-nya jadi ”Batu Bata” alias Matot! So, becareful ok.
HARDSPL
Dalam flashing cooked ROM untuk pertama kali, yang harus dilakukan adalah adalah mengganti SPL (Second Program Loader) bawaan dengan HardSPL. Gunanya agar kita bisa flashing ROM non-official dan radio sendiri. Step ini sangat PENTING
Periksa dulu apakah dopod 838 pro anda sudah punya HardSPL atau belum. Masuk ke bootloader dengan cara (harus diingat!):
  1. Pegang device anda dalam keadaan hidup (ON)
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol OK dan Power (berada di kedua sisi dopod 838 pro) secara bersamaan.
  3. Selanjutnya gunakan stylus untuk menekan lubang soft reset (berada di dekat tempat charging).
  4. Setelah selesai tahap 3 maka pada dopod 838 pro anda akan muncul three-colour screen. Ini adalah yang disebut sebagai bootloader. Layar akan menampilkan versi IPL dan SPL dopod 838 pro anda. Jika versi SPL anda adalah “2.10.olipro” maka anda SUDAH MENGGUNAKAN HardSPL dan tidak perlu melanjutkan step flashing HardSPL. Softreset device dan lanjut ke step berikutnya. Bila anda belum menggunakan HardSPL, lanjut ke step di bawah ini.
Download HardSPL dari sini.
Extract archive tsb ke satu folder dan harusnya isi foldernya seperti ini:



Sekarang pastikan dopod 838 pro anda ON, dan Activesync 4.5 berjalan pada PC anda. Connect device dengan PC dan biarkan Syncronization-nya selesai. Setelah selesai, jalankan “RUUWrapper.exe”:



Layar seperti di bawah ini akan muncul:



Saat RUU (Rom Update Utility) berjalan, hanya ada satu opsi untuk dipilih (tidak seperti RUU lain), pilih opsi yang berwarna merah pada gambar, ini akan membuat RUU menjalankan satu software kecil ke dopod 838 pro anda yang dikenal dengan SSPL (software SPL). Anda mungkin harus memperbolehkan ini berjalan jika device anda mengeluarkan pertanyaan di layarnya;



Centang boxnya dan klik next;



Sekali lagi centang boxnya dan klik next;



Klik tombol update;



RUU akan menampilkan ROM anda sekarang, dan ROM yang akan anda flash ke dopod 838 pro anda;



Tekan next;



RUU akan membuat dopod 838 pro anda masuk bootloader mode, dan memulai proses update. Bila ini adalah yang pertama kali flash ROM dengan menggunakan PC anda, mungkin device driver information akan muncul, perbolehkan semuanya untuk berjalan dan progress bar seharusnya mulai bertambah. Waktu yang diperlukan untuk flash SPL seharusnya sangat singkat.
Setelah proses flash selesai, dopod 838 pro otomatis akan me-restart dan otomatis booting OS Windows Mobile. Setelah semuanya selesai, anda bisa cek kembali apakah dopod 838 pro anda sudah memiliki HardSPL atau belum. Cek dengan metode yang dijabarkan diatas untuk masuk ke bootloader. Device anda harusnya menampilkan informasi mengenai versi SPL seperti dibawah ini:



selamat, anda berhasil flash HardSPL ke device anda dan sudah saatnya flashing cooked ROM…
FLASHING ROM MELALUI KARTU MEMORY
Syarat  Mutlak: Hard SPL V7 sudah terlebih dahulu di flash ke dopod 838 pro melalui PC.
Berikutnya:
1. Format kartu memori (sd card) ke FAT32. Caranya dengan memformat memory melalui PC, kemudian pilih FAT32. Selanjutnya kopikan file .nbh ROM ke kartu memori dan rubah namanya menjadi Hermimg.nbh .
2. Masukan kartu memori ke Hermes (dopod 838 pro), lalu lakukan reset (reset ke tri-colour screen) dengan menekan tombol ok (di kiri dopod 838 pro), tombol power (di kanan dopod 838 pro) dan lubang di bawah (dekat charger; menggunakan stylus) secara bersamaan.
3. Ikuti instruksi selanjutnya.
--------------------------------------------------------------
Info Tambahan lainnya
klik di sini

Artikel Terkait

3 komentar


EmoticonEmoticon